Saturday, August 20, 2011

Tips Supaya Diajak Buka Bersama Gratis

http://faktabukanopini.blogspot.com/
Alhamdulillah puasa Ramadhan kali ini telah tembus separuh durasi lebih. Cepat sekali rasanya, padahal saya menjalaninya di tanah rantau nan jauh dari keluarga.

Selama Ramadhan kali ini pun saya seolah tak sendiri, karena banyak kawan-kawan seperjuangan yang senasib juga. Hebatnya, hampir tiap hari kami mendapatkan undangan berbuka puasa bersama. Rupanya, banyak orang yang berbaik hati terhadap perantau yang ngekos seperti saya dan kawan-kawan.

Namun, kalau dipikir-pikir, ajakan buka bersama itu tidak datang dengan sendirinya lho. Ada tips tertentu yang membuat peluang kita semakin besar untuk diajak buka bersama, yang ujung-ujungnya bisa menghemat karena dapat makan gratis. Nah, bagi yang pengen makan gratis berkedok buka bareng, ini dia tipsnya:

1. Bergaul dengan banyak orang

Ini mutlak dilakukan, anda harus punya jiwa sosial tinggi dengan berteman dengan siapapun juga tanpa membedakan suku, agama, ras, golongan atau partai. Biasanya kalau kita pun mengenal orang yang punya kedudukan tinggi, misalnya pejabat atau juragan minyak, mereka akan selalu teringat kita yang ‘menderita’ sebagai anak kos ketika mereka bikin acara buka bersama.

2. Jangan kebanyakan tidur saat puasa

Rencana buka puasa terkadang mendadak dicetuskan. Jadi kalau anda sering tidur siang dan tidak sering ngobrol-ngobrol dengan orang lain, niscaya peluang diajak buka bareng juga tipis. Ngapain juga ngajak buka orang tidur?

3. Jangan pulang kerja atau kuliah terlalu awal

Biasanya jam kantor atau jam kuliah diperpendek saat puasa. Tapi jangan biasakan anda pulang cepat. Jam-jam rawan ajakan buka bersama mendadak adalah sekitar jam 4 sore ke atas, nah saat itu anda harus stand by, siapa tahu bos anda atau siapa saja yang melihat anda masih sibuk atau terlihat ‘memelas’, lalu mengajak buka bersama. Lumayan kan?

4. Handphone harus selalu aktif

Seringkali saya dapat ajakan buka bersama melalui pesan SMS atau telepon. Nah, jangan biasakan mematikan handphone anda selama bulan puasa ini. Orang yang niatnya baik mau ngajak buka bisa kecewa lho.

5. Harus ikhlas

Namanya bulan Ramadhan itu ya untuk beribadah. Kalau gitu jangan terlalu mikirin mau buka apa, sama siapa dan gratis apa enggak. Jadi kalau anda terlalu berharap dan punya pamrih dalam menerapkan empat tips di atas, ya biasanya sih gagal… hehehe…. Selamat berpuasa aja deh.

http://www.belummandi.com/2011/08/tips-supaya-diajak-buka-bersama-gratis.html

No comments:

Post a Comment