Thursday, October 6, 2011

Mengenal Penyakit Tifus dan Gejalanya

http://faktabukanopini.blogspot.com/ 
Tifus atau Tipus adalah salah satu penyakit serupa yang disebabkan oleh bakteri Rickettsiae. Berasal dari yunani, yang berarti kabur atau demam, itu menggambarkan keadaan pikiran dari mereka yang terkena penyakit tifus. Demam yang dapat mencapai hingga 39° C (102° F) dan sakit kepala, adalah gejala yang umum untuk semua jenis tifus. Di beberapa negara tropis, tifus yang paling sering keliru diartikan untuk penyakit lain yaitu dikenal sebagai “demam berdarah”.

Ada tiga bentuk yang berbeda dari tifus. Pada Tifus Epidemi, (juga dikenal sebagai “kutu-Bourne tifus”), sering dapat menyebabkan epidemi dan penyakit alami. Organisme penyebabnya ditularkan oleh kutu tubuh manusia, yang akan menyebabkan anda sakit kepala, demam, menggigil, dan ruam. Jenis tipus yang paling umum dikenal sebagai “demam kapal” atau sebagai “demam penjara”, karena membuat dirinya dikenal dalam kondisi penuh sesak seperti didalam penjara.

Scrub Tifus, atau “chigger-ditanggung tifus”, ditularkan dan disebabkan oleh chiggers. Chiggers ditemukan di daerah vegetasi semak berat. Gejala penyakit ini adalah nyeri otot, demam, batuk, gejala gastrointestinal, dan sakit kepala.

Tifus Endemik, (juga disebut “tifus murine”) ditularkan oleh kutu pada tikus, dan kadang-kadang oleh kutu kucing atau dilakukan pada possum. Gejala tifus ini akan menimbulkan nyeri sendi, sakit kepala, menggigil, mual, demam, muntah, dan batuk.

Tifus diobati dengan tetrasiklin atau antibiotik tetrasiklin terkait. Rickettsiae menyebabkan sejumlah penyakit lain, termasuk demam, atau “tick tifus”, demam Boutonneuse dan Rickettsialpox. Demam tifoid adalah penyakit yang sama sekali berbeda dari tifus dan tidak harus bingung dengan penyakit tifus, meskipun nama mereka terdengar mirip.

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai jenis penyakit tifus, dengan mengetahui penyebab dan gejalanya diharapkan kita bisa lebih menjaga kesehatan terutama dari segi makanan dan minuman yang kita konsumsi, karena makanan dan minuman yang bersih dan steril akan membebaskan kita dari resiko terkena penyakit tifus.

http://www.overfame.com/2011/09/mengenal-penyakit-tifus-tipus-tipes-dan-gejalanya-24392/

No comments:

Post a Comment

Post a Comment